Selamat datang di blog seorang pribadi pembelajar :) Namaku Hawari, namamu siapa?

Thursday 21 July 2016

Bersikap di Luar Tipe Kepribadian

Kemarin, aku habis nonton TED Talks yang baguuus banget. Judulnya gini, Who are You Really? The Puzzle of Personality. Pembicaranya bapak bapak udah lumayan tua, dosen Cambridge, bidang beliau adalah Personality Psychology, Pak Brian Little namanya. Lucu gitu bapaknya, humoris. Tapi isinya tuh bikin mikir. Meskipun, ada bagian kecil dari yang dibicarakan yang aga sedikit not safe(obrolan orang dewasa). Tapi sisanya, oke.. Coba deh, kalian tau tes-tes kepribadian gitu nggak? Terus ada tipe-tipe gitu kan? Atau traits 'sifat' bahasa lainnya. Terus, pernah nggak ditanyain sama orang gini?

Is that all we are? Just a bunch of traits?

Bener banget bahwa memang semua dari kita itu terdiri dari apa yang beliau bilang ada 5 aspek. OCEAN singkatannya. O stands for Open to experience, C stands for consciestiousness, E stands for extroversion, A stands for Agreeable individuals, and N for neurotic individuals. Itu semua itu ya yang biasa gitu lah kepribadian orang. Tapi yang keren memang pertanyaan beliau yang ini,

"Apa ada hal lain yang bisa membuat kami memahamimu lebih dari sekadar sekumpulan kepribadian? Yang membuat kami menjadi mencintaimu? Mencintaimu, bukan hanya karena kamu seseorang dengan tipe kepribadian tertentu."

Apa jawabannya?

"Jadi apa yang membedakan kita? Yang membedakan adalah apa yang telah kita perbuat dalam hidup kita -- proyek-proyek pribadi kita. Anda bisa jadi memiliki proyek pribadi sekarang, tetapi mungkin tidak ada orang disini yang tahu tentang itu. Ini mungkin berhubungan dengan anak Anda -- Anda telah ke rumah sakit 3 kali, dan tetap saja tidak ada yang tahu apa yang terjadi. Atau bisa juga itu Ibu Anda. Dan Anda bersikap di luar karakter Anda yang biasanya. Ini adalah sifat-sifat bebas." lanjut lagi ke pertanyaan bagus beliau,

"Don't ask people what your types are. Ask them, 'What are your core projects in your life?'"


Beliau menghayati banget waktu bilang tentang rumah sakit ini. Phew

       Kusadari ya, di antara temen-temenku sendiri pun banyak banget yang penasaran tentang tipe kepribadian temen yang satu sama temen yang lain, Tetapi memang kalau aku pribadi selama ini agak merasa skeptis ya sama itu. Penting ta? Ternyata kutemukan jawabannya disini. Tipe-tipe kepribadian yang ada itu seolah dipake sama orang lain malah kayak bukan buat lebih memahami kita gitu lho, tapi malah kaya mau mengeksploitasi kelebihan kita. Jarang gitu ada yang bener-bener mau belajar tipe kepribadian itu sampe mau baca-baca tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan suatu tipe. Yang ada itu, kalo kamu tipe ini, kamu harus diginiin biar kamu bisa kerja lancar. Kalo kamu tipe itu, berarti memang, misal, orangnya outgoing, cocok jadi kepala ini. Cocoknya kerja sama si tipe A, atau tipe B, eksetera. Ternyata itu penyebab aku ngerasa skeptis sama tipe-tipe kepribadian selama ini. Disalahgunakan.

       Aku setuju 100% sama pernyataan bapaknya, aku memang merasa lebih dihargai bila ditanyai apa proyek-proyek personal yang kumiliki dalam kehidupan, daripada ditanyain tentang tipe kepribadianku apa. Being asked like that fuels my energy, my spirit. Karena memang, untuk mengejar core project ini, orang-orang sering sampai bersikap tidak seperti tipe kepribadiannya. Dan seperti kata Pak Brian, they're what matters.

"They're where we enact a script in order to advance a core project in our lives. And they are what matters."
yang artinya:
"Mereka(free traits) adalah saat-saat kita memerankan naskah agar kita bisa meneruskan proyek inti di di dalam kehidupan kita. Dan mereka itulah yang penting."

       Ya seperti yang tadi kujelasin itu, orang-orang sampai rela keluar dari kepribadiannya sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan script 'naskah' agar proyek dia bisa tercapai. Pengorbanannya ya itu.

       Jadi, itu. Hargailah orang lebih baik dengan bertanya padanya bukan tentang apa kepribadiannya. Menurutku, lebih keren kalo misal kamu bisa nebak kepribadianku apa. Ya intinya kamu memang berniat untuk mengetahuiku lebih dalam daripada sekadar bertanya. Tapi, lebih baik lagi, tanyakan, apa proyek-proyek inti dalam kehidupan dia.

Terima kasih pembaca, terima kasih Pak Brian. :)
Hayo tebaak, tipe kepribadianku apaa :D
Share:

0 komentar:

Post a Comment